Tags

oke, now on,,

we will discuss about amdal..

what is amdal?

amdal adalah analisis mengenai dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pembangunan. dampak yang dianalisis menyeluruh seputar sosiologi, lingkungan, hewan dan semuanya. (nurmala, 2010)

Penggunaan amdal di Indonesia sayangnya jarang diterapkan dengan baik. amdal kerap mendapatkan kongkalikong antara pihak pemohon (pembangun) dan pihak petugas amdal. amdal memang kadang membutuhkan biaya lebih karena tak jarang tempat yang digunakan tidak sesuai kriteria amal sehingga harus berubah.

Dalam sebuah  proses pembangunan tidak bisa dipungkiri adanya dampak bagi lingkungan. Adapun setelah proses pembangunan selesai, sisa-sisa pembangunan juga dapat berdampak pada lahan bangunan. Lahan dan lingkungan disekitarnya merupakan bagian dari ekosistem. Ekosistem merupakan suatu penyeimbang bagi alam. Dengan adanya perubahan pada salah satu komponen ekologi seperti lahan dan tanaman maka dapat mempengaruhi seluruh komponen dari ekosistem. Dengan menggunakan kajian AMDAL, dampak pada ekosistem ini dapat dikurangi.