Tags

kemarin, 18 February 2011 diadakan kuliah umum seputra genomic public health. kuliah umum ini diisi langsung oleh dekan FKM. diadakan oleh ENVHISA (Enviromental Health Student Association), Himpunan Mahasiswa departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI.

apa itu genomic public health? saya akan coba sedikit menguraikannya tidak bisa banyak karena saya tidak sampai selesai ikut kuliah, ada rapat euy,😛

so, genomic public health ini adalah sebuah style baru dalam public health. mungkin tidak baru diluar negeri sana. tapi bagi UI. ini hal baru, menghubungkan antara kesehatan masyarakat dengan struktur tubuh terkecil yaitu gen.

 

benar dipahami bahwa public health bergerak di ranah populasi atau ranah public tapi jarang ditelusuri hubungan antara penyakit dengan gen pada manusia. inilah ranah genomic. contohnya kanker dan hubungannya dengan gen dominan pada masyarakat. Genomic Public Health juga coba merentas mitos skripsi mahasiswa yang hanya seputar “hubungan” ataupun “faktor-faktor”

 

well, peneliatian pun kabarnya kini digiring ke arah penelitian genetik.hibah ratusan juta disiapkan untuk mereka yang sanggup menguak misteri genetik demi peningkatan kesehatan masyarakat indonesia.  dan tentu saja, dibutuhkan kesiapan semua pihak menyambut era baru ini. bersiaplah!

 

saya siap! anda?🙂