Hari ini saya didaulat jadi Pansus (Panitia Khusus) Pembentukan AD/ART, GBHO, Arahan dan Landasan Federasi Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Indonesia (beuuuh, bahkan nama pansusnya aja panjang gini, gimana nanti kerjanya😛 ). ENVIHSA Indonesia adalah ekspansi HMD KL FKM UI untuk membuat kesatuan organisasi mahasiswa Kesehatan Lingkungan di tingkat nasional sebagai upaya penyatuan dan penguatan. Well, untuk saat ini saya belum bisa banyak cerita tentang ENVIHSA INDONESIA,  sekarang pelajari logo Envihsa indonesia dulu ya,,😀

 

FILOSOFI LAMBANG ENVIHSA INDONESIA*

Motto:
“Preventing Diseases Through Healthy Environment”
Lambang ENVIHSA INDONESIA terdiri dari tiga macam simbol yang berwarna hijau. Simbol-simbol tersebut memiliki arti yang sangat dalam. Penjelasan dari setiap simbol tersebut yaitu:
a) Ular
Ular melambangkan kesehatan sesuai dengan Mitologi Kesehatan Yunani (Caudeus dan Asclepius). Simbol ular menjadi lam…bang kesehatan bagi organisasi-organisasi rumpun kesehatan seperti lambang ular pada IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), Lambang Farmasi dan lain-lain.
b) Daun
Daun memiliki arti “Lingkungan” seperti yang terlihat pada kebanyakan organisasi lingkungan dan persepsi khalayak bahwa daun itu melambangkan lingkungan.
c) Tongkat
Tongkat memiliki arti kekuatan atau kemampuan. Tongkat ini melambangkan bahwa ENVIHSA INDONESIA merupakan Federasi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Lingkungan yang memiliki “Kekuatan atau Kemampuan” untuk menjadikan lingkungan menjadi lebih sehat dengan perspektif ilmu kesehatan lingkungan.Ketiga unsur pada lambang ENVIHSA INDONESIA berwarna “Hijau” yang melambangkan lingkungan yang sehat. Secara garis besar, lambang ENVIHSA INDONESIA memiliki arti sebagai Federasi Organisasi Mahasiswa kesehatan lingkungan yang memiliki kemampuan untuk membuat lingkungan menjadi lebih sehat dengan penerapan keilmuan kesehatan lingkungan.

Lambang ENVIHSA INDONESIA ini merupakan hasil karya dari Ibna Rahmatika A.B (Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Universitas Indonesia).

*diakses dari FB ENVIHSA

 

Diberi kepercayaan lagi untuk membuat kebijakan sebuah organisasi. semoga bisa terus bekerja optimal bersama rekan-rekan seperjuangan. Btw,  sepertinya hidup saya tidak akan jauh-jauh dari dunia legislatif, haha (ngarep jadi anggota MPR nih xixixixi)😀 SEMANGAT!