Tags

Hati-hati dengan nosokomial. apa sih nosokomial? Nosokomial adalah penyakit yang ditimbulkan/ ditularkan di rumah sakit. Sering kita mendengar bahwa si X tambah parah loh setelah di RS, atau si X pulang-pulang ngejenguk temennya yang lagi di opname langsung sakit. mmm, mungkin mereka ga sadar kalo mereka sudah terkena penyakit nosokomial.

Rumah sakit, seperti yang kita ketahui, adalah berisi orang-orang sakit. ribuan, puluhan, ratusan bakteri/virus/parasit/dll bertebaran disana. Jika manajemen kebersihan di RS tidak baik sangat dimungkinkan adanya penyebaran sumber penyakit disini.

Penyakit nosokomial tidak hanya mengancam pasien yang sedang lemah kondisi badannya tetapi juga para petugas. Petugas kesehatan yang tidak sedang fit kondisi tubuhnya rentan terkena penyakit ini. itula mengapa APD (alat Pelindung Diri) harus selalu petugas gunakan setiap bekerja. Daya tahan tubuh petugas juga sudah serharusnya dijaga dengan konsumsi vitamin dan suplemen.

Untuk para penjenguk pasien, pastikan selalu menjaga hyegine saat dan setelah di rumah sakit.seperti cuci tangan sebelum makan dan hindari tangan berpegangan dengan tiang atau apapun.. Selain itu, saya pribadi menyarankan untuk keluarga atau penjenguk pasien yang sedang tidak terlalu sehat untuk tidak menjenguk pasien terlebih dahulu hingga kondisi badan telah bugar. badan yang tidak fit seperti sedang flu atau pusing-pusing akan lebih rentan tertular ratusan penyakit yang berterbaran di Rumah Sakit.

Yuk , saatnya hindari Nosokomia!

ga maukan sudah jatuh tertimpa tangga?Setelah sakit terkena nosokomial pula

SEMANGAT PAGI!!!😀

Pagi ini teringat materi kuliah 2 tahun lalu di kelas Ilmu Penyakit Umum tentang Noskomial. langsung ambil laptop, tulis deh🙂 semoga bermanfaat!

Picture taken from: http://tuloe.wordpress.com/category/akk/