Tags

memang target master saya masih di angka 2013. Tapi toh sejak sekarang harus dipersiapkan. betuuul?😀 siapa tau kesempatan itu mampir lebih cepat dari perkiraan, hehe


oy, saya tadinya mau master di Harvard tapi syarat minimal telah kerja 3 tahun setelah lulus membuat saya sedikit keberatan. Saya ingin max 2 tahun setelah S1 sudah kuliah master . jadi saya memilih pergi ke Eropa saja yang menerima fresh greduate. selain itu, sewaktu pulang kampung kemarin, ibu saya bilang ke saya untuk master di jerman kalau bisa. entah beliau dapet kata-kata Jerman dari mana, hehe. walaupun begitu, saya tetap ingin ke Harvard, S3, insyaallah.

nah, untuk master saya memilih pergi ke Eropa melalui beasiswa Erasmus Mundus. setelah googling-googling dan searching-searching. saya memilih program EUROPUB dengan konsentrasi Health Policy and Program Management agar sesuai dengan cita-cita saya yang ingin masuk dunia legislasi (baca: MPR RI).

Oke, list yang harus saya lakukan saat ini

  1. TOEFL harus diatas 600. sekarang setiap hari tangan saya selalu memengang buku TOEFL, membaca sesempatnya tapi setiap hari. tertarik sih ikut les, tapi apa daya, tak ada dana untuk itu. jadi saya belajar otodidak. bismillah, SEPTEMBER bisalah  ya dapet nilai 600
  2. Publish tulisan di mana-mana. jadi salah satu poin penilaian beasiswa ini adalah seberapa banyak kita publish tulisan di jurnal maupun di koran. saya sedang coba nulis di koran.🙂
  3. Belajar Bahasa PERANCIS. guees what? konsetrasi yang saya akan ambil ternyata berbahasa perancis. jadi mau tidak mau, saya harus belajar bahasa perancis. mengingat saya masih NOL besar di bahasa aneh ini, saya sedang menabung (Rp. 1.100.00) untuk bisa ikut les perancis di LBI UI. targetnya desember sudah bisa ambil tes bahasa perancis berapapun nilainya. lumayan untuk CV
  4. Belajar bahasa SPANYOL dan JERMAN. inisih sambilan sebenarnya, :D  jadi kalo kamu ambil beasiswa emundus. kamua harus bersekolah di 2 negara berbeda (double degree). nah tahun pertama Europub boleh pilih antara di UK atau Spanyol. so, saya tertarik untuk tau spanyol lebih. nah, kalo jerman. saya tertarik ikut DAAD yang syaratnya harus bisa bahasa jerman. nyicil lah dari sekarang, kalo ga bisa dapet EMUNDUS, DAAD pun tak apa (gayaaaaaaaa berasa di terima Jerman aja…😛)

Sejauh ini, yang saya sudah lakukan untuk menyambut master:

  • baca web-web resmi
  • baca blog penerima beasiswa
  • download CV berstandar eropa
  • berdoa😀

Mungkin ada yang bilang saya terlalu cepat mempersiapkan, aaah,memang bahkan judul skripsi saja belum ada. tapi saya  tak ingin berada dirata-rata. bukankah kita harus lebih keras berusaha agar hasil lebih maksimal? merencanakan lebih matang untuk hasil gemilang?

Dan ternyata berburu beasiswa master di luar negri memang harus sejak lama dipersiapkan, terimakasih Allah atas hidayahMu untuk aku sehingga aku tergerak untuk mempersiapkan ini semua sejak kini.🙂