Tags

Magang hari ke-2

1. Keliling pabrik untuk liat proses produksi dari mulai tandan masuk ke mesin sterilisasi sampe jadi minyak siap olah. sugooooooooooi!!! Alatnya gede-gede. saya kebanyakan melongo disana. ga kebayang resiko pekerja kalo sampe kenapa-napa. apalagi suhu mesin dan alat produksi cukup panas disini. lantai juga licin karena ceceran tumpahan minyak. hampir kepleset juga saya.

2. Ambil sampe minyak untuk diukur persen FFAnya. Beruntungnya saya di pabrik ini selain dapet pembimbing yang baik juga dapet temen magang yang baik. disini ada dua anak SMK-Industri yang juga lagi magang. mereka banyak ngasih saya ilmu di lab. trus daripada saya nganggur di ruang kerja, saya minta ikut mereka ngambil sampel minyak ke pabrik [dan saya lupa tanya siapa nama mereka, hehe =,=” ]

3. “Aron, jangan ke tempat kotor-kotor ya” kata pembimbing saya waktu saya mau ke pabrik bareng bang Aron. haha, nih bapak sama kayak bapak saya, protektif. “Boleh mba ikut, tapi Aduh mba disana kotor loh” Kata pak Wasis waktu saya minta bareng ambil sampel. “Pak, kalo ga kotor ga belajar, hehehe” jawab saya cengar-cengir.

4. Analisis kualitas minyak. ngukur-ngukur, nimbang-nimbang, ngoven-ngoven. semua diajarin sama anak SMK ini. tengkyu ya dek. (hehe, blum kenalan nama tapi udah ngobrol seharian nih kita).
Hari kedua tambah banyak pengalaman, besok apa lagi ya?🙂