Tags

Kak, elsa ga jadi apply beasiswa itu” keluhku pada seorang kakak dikantin sore itu
loh, kenapa Sa?” tanyanya
di form nya harus ada ijazah lulus S1. padahal di keterangan syaratnya ga ada tuh, tapi di checklistnya ada” ocehku
oh yang di contrengan itu ya?” tangannya menggambar box ceklist siap contreng di udara
iya” jawabku singkat, sewot sendiri kalo ingat syarat izajah.grrr.
Udah, apply-apply aja Sa. Siapa tau diterima, hehe” dia nyengir kuda
iya ya. apa Elsa kirim email aja ke panitianya ya kak?” merasa ada sedikit harapan, senyum.
iya, hubungi dulu panitianya. kirim-kirim aja. Semangat Sa!
yup! Elsa coba ya kak, bismillah!” dan seyum merekah #halah!

******

mm, hallo selamat siang. Saya eliza dari Universitas Indonesia. Benar dengan kantor beasiswa Prestasi?
iya. benar. ada yang bisa saya bantu?
Iya mbak, saya mau tanya, kalau saya belum lulus tanggal 15 november pas deadline berkas, boleh daftar ga ya? tapi saya udah semester akhir. itu gimana ya mba?
oh, tunggu sebentar
nengnongnengnong (anggaplah bunyi panggilan tunggu telpon😛 )
Hallo selamat siang. ada yang bisa saya bantu?”
Iya Pak, saya Eliza dari Universitas Indonesia. saya mau tanya, kalo saya mengirim berkas beasiswa tanpa ijazah boleh ga ya? tapi februari ini saya lulus pak. gimana ya Pak?
oh, kamu baru lulus februry ya? yah, ga bisa. kamu harus punya ijazah. dan beasiswa kami juga harus ada pengalaman kerja dulu. jadi kalo baru lulus ga bisa daftar deh
oh, jadi harus ada ijazah dulu ya pak?”
“iya gitu dek. jadi nanti dulu ya kalo baru lulus.”
“oh, iya pak. makasih banyak ya”
“iya”
“selamat siang”
“siang”
tutup telpon.
diem.
jalan ke bangku kantin lagi.
dan teriak didepan dua orang manusia yang sedari tadi ngobrol bareng saya: “firmaaaaaaaaan!!!! nopaaaaaaaaaal!!! elsa ga bisa langsung apply beasiswa S2 yang ke Amerika. huks” dan curcol lah saya dengan tema “ditolak sebelum melamar” T_T

********

eh tau ga Ja? ada beasiswa dari USAID loh” tanya seorang teman tiba-tiba kepada saya.
beasiswa Prestasi ya?” pikiran saya langsung menuju adegan telfon 2 hari yang lalu.jleb!broken heart! #lebay
Iya, tapi itu harus ada pengalaman kerja dulu dua tahun” jelasnya
oh gitu, tapi di webnya ga ada tulisan pengalaman kerja, khau” jelas saja saya meragukan informasi yang diberi Khaula kepada saya, lawong diwebnya ga ada tulisannya kalo harus gitu.
iya, kan gue minggu kemaren kesana tuh. ke pamerannya. trus ada penjelasannya Ja tentang itu” terangnya lagi.
dan saya hanya bisa berkata “ooooohhh

**************

dan semakin jelaslah saya tidak bisa mendaftar beasiswa ini dalam waktu dekat. tadinya setelah menelefon kantor beberapa hari lalu dengan menggunakan hape dan pulsa Firman (thanks man-cul!), saya masih berkeinginan meng-apply beasiswa ini. apapun yang terjadi “apply-apply aja Sa!” seperti kata kakak itu. Tapi setelah mendengar penjelasan Khaula dan mengingat lagi adegan telpon, sepertinya saya sepakat untuk menunda aplikasi beasiswa S2 ini sampai waktu yang tidak ditentukan, hehe. tidaklah, saya hanya menunda sampai saya bisa memenuhi dokumen persyaratan yang ada. mungkin tiga atau empat tahun lagi setelah saya bekerja. itupun kalo saya belum ketrima Erasmus Mundus ya, hehehe #jumawamodeON!

oy, yang mau tau saya mau apply apa. silahkan klik ini

Yup! masih ada waktu untuk bekerja dan belajar sebelum aplikasi dibuka lagi. ayo perbanyak publikasi, ayo perbanyak link, lengkapi CV.
semangat Eliza!!! ^.^b