ini adalah tulisan saya untuk tugas kelompok kelas Epidemiologi Intermediet Bu Renti Mahkota, S.K.M, M.Epid. semoga bermanfaat yah!
*don’t do plagiarsm,that rude, dude!*

Kata “Epidemiology” terdiri dari tiga kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Epi, Demos dan Logos. Kata Epi berarti ‘diatas’, Demos berarti ‘penduduk’ dan Logos berarti ‘ilmu’. Leon Gordis, seorang dosen yang telah menerima penghargaan dari the Bloomberg School of Public Health di Johns Hopkins University, dalam bukunya menjelaskan bahwa epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana penyakit tersebar dipopulasi dan faktor yang mempengaruhi persebarannya (Gordis, 2009).  Peter J. Fos menuliskan pengertian singkat epidemiologi dalam Epidemiology Foundations, The Science of Public Health yaitu suatu ilmu yang mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi sehat dan sakitnya populasi (Fos, 2011)

Dalam buku Basic Epidemiology, epidemiologi didefinisikan oleh Last (1996) sebagai ilmu yang mempelajari tentang persebaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi status atau kejadian kesehatan pada populasi tertentu yang digunakan kemudian sebagai pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan. Dijelaskan lebih lanjut bahwa epidemiologi tidak hanya terfokus pada kematian, sakit dan kecatatan tapi lebih kepada peningkatan status kesehatan. (Bonita, Beaglehole, & Kjellstrom, 2006)

Tidak jauh berbeda dengan Last, Badan Kesehatan Dunia atau lebih kita kenal sebagai World Health Organization (WHO) mendifinisikan epidemiologi sebagai suatu studi mengenai distribusi dan faktor yang mempengaruhi kesehatan (termasuk penyakit) yang digunakan untuk pengendalian penyakit atau masalah kesehatan (WHO, 2012).  Seorang ilmuwan dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mendeskripsikan epidemiologi sebagai studi tentang kejadian dan penyebaran penyakit dalam populasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi tersebut (Shy, 1998)

 

Referensi:
Bonita, R., Beaglehole, R., & Kjellstrom, T. (2006). Basic Epidemiology, 2nd Edition. India: WHO Press.
Fos, P. J. (2011). Epidemiology Foundations, The Science of Public Health. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
Gordis, L. (2009). Epidemiology, fourth edition. Philadephia: Elsevier Inc.
Shy, C. M. (1998). Epidemiology: Epidemiologic Principles and Methods For Occupational Health Studies. Retrieved September 11, 2012, from CDC: The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH): http://www.cdc.gov/niosh/pdfs/86-102-f.pdf
WHO. (2012). Health topics: Epidemiology. Retrieved September 11, 2012, from World Health Organization (WHO): http://www.who.int/topics/epidemiology/en/