Tulisan ini adalah pengantar paper saya untuk tugas mata kuliah Promosi Kesehatan Lanjut.🙂

 

Tahun 1995, University of Lancaster (UCLAN), sebuah kampus dikawasan Kerajaan Inggris, menginisiasi lahirnya sebuah gerakan yang begitu berarti bagi dunia kesehatan yaitu Health Promoting University (HPU). HPU bertujuan untuk menyatukan proses dan stuktur dalam lingkungan universitas yang digunakan mendukung komitmen sehat dan promosi kesehatan di kampus itu sendiri. Hingga saat ini telah banyak kampus yang menerapkan konsep ini seperti UCLAN, Universitat Bielefeld di Jerman, enam universitas di daerah Beijing, dan 72 universitas di Amerika Serikat (WHO, 2010)

1. Mengapa

Kampus merupakan sebuah tempat yang strategis dimana kalangan terpelajar berkumpul dan menghabiskan sebagian besar waktu masa produktifnya disana. Kalangan terpelajar ini yang kedepan diharapkan akan menjadi pemimpin dan pembaharu baru bagi bangsanya sehingga kesehatan mereka, baik fisik maupun mental, sangat perlu diperhatikan.

2. Untuk apa

Kampus mempunyai peran yang besar untuk membantu mahasiswa, dosen dan karyawannya untuk dapat mengontrol dan meningkatkan kesehatan mereka. Konsep dasar kesehatan yang diterapkan di kampus dilaksanakan untuk merupabah pengetahuan, sikap dan gaya hidup warganya terkait kesehatan mereka. Bahkan, kampus juga seharusnya bisa menjadi role model hidup sehat bagi masyarakat disekitarnya sehingga tidak hanya warga kampus saja yang dapat hidup sehat, namun juga masyarakat yang hidup disekitar kampus.

3. Apa yang diharapkan

Dengan dijadikannya kampus sebagai sebuah setting health promoting, diharapakan derajat kesehatan masyarakat akan meningkat. Secara perlahan, lulusan-lulusan kampus yang telah terbiasa dengan budaya hidup sehat ini akan terjun kembali ke masyarakat untuk bekerja. Diharapkan jika mereka memimpin atau mempunyai peran strategis ditempatnya bekerja, mereka akan menerapkan budaya sehat juga ditempatnya bekerja nanti. Sehingga kemudian terciptalah health promoting workplace. Selain itu, karena telah terbiasanya mereka hidup secara sehat di kampus, mereka juga akan mengkondisikan lingkungan tempat tinggal mereka untuk dapat hidup sehat sehingga menjadi health promoting neighborhood. Begitulah, efek domino dari perilaku sehat ini yang sangat diharapkan muncul dari lahirnya health promoting university.