kalau dihitung-hitung, sudah 1,25 tahun perjalanan saya di program pascasarjana dan belum ada prestasi apa-apa. belum satu kali pun konferensi atau seminar saya ikuti. dengan berat hati tentunya keputusan untuk tidak aktif pada kegiatan2 tersebut saya jalankan. ada hal besar yang sedang saya persiapkan, ada hal besar yang sedang kejar. saya agendakan 2014 sebagai tahun kembali nya saya ke jalur keilmuan, menorehan prestasi lewat tulisan, aamiin. semoga terlaksana.

melewati 2tahun terakhir ini, hingga akhir tahun ini merupakan hal yang luar biasa. 2 tahun ini saya rasakan menjadi tahun-tahun yang berat. mulai dari konflik dengan pembimbing saat skripsi, lulus dan lontang-lantung, bekerja di proyek dikemenkes dengan bos yang tidak manusiawi, galau masuk untuk S2 di UI (lagi), penyesuaian kuliah, hidup pas-pasan menunggu turunnya beasiswa, keputusan mengundurkan kelulusan, tekanan target hafalan sampai pada gosip yang menguruskan badan yang dihembuskan oleh saudara seiman saya sendiri. duh. kemudian pengambilan suatu keputusan yang mengubah jalan hidup serta likaliku didalamnya yang menggelayuti pikiran, tidak tenang..

Alhamdulillah semua terlewati, bukan tanpa air mata, tapi setidaknya, saya masih tetap berdiri waras sampai saat ini. hikmah dari semua itu tentu ada. saya sekarang bisa berdiri lebih tegar, berfikir lebih rasional, bekerja lebih cepat, belajar tidak menghiraukan apa kata orang, menasehati orang lebih santun, memanusiakan manusia, menghindari gosip, menyibukkan diri dan sebagainya.

saya berharap, sisa waktu saya kedepan akan Allah berkahi, berikan kebaikan yang tiada putus-putusnya sebagai hadiah atas tahun2 sulit yang saya lewati. ya saya percaya, tahun depan, 2014 adalah tahun kejayaan saya. tahun yang akan saya songsong dengan kemenangan dan bahagia. dan sedikit demi sedikit saya mulai kebahagiaan itu dari sekarang, senyuuuum. =)